Zoter | Acyclovir

PERBIDKES.com - Zoter adalah obat yang digunakan hanya untuk pemakaian pada kulit. Setiap gram zoter krim mengandung acyclovir 50 mg. Acyclovir adalah derivat guanine sintetik yang memiliki efek sebagai antivirus terutama herpes simplex tipe 1 & 2, serta virus varicella zoster.


zoter | Acyclovir
Gambar diatas adalah zoster.

Acyclovir krim memiliki mekanisme kerja yang spesifik jika telah memasuki sel yang sudah terinfeksi oleh herpes, yaitu akan mengalami fosforilasi oleh enzim spesifik virus herpes yang disebut timidin kinase, menjadi acyclovir monophosphate & mengalami fosforilasi selanjutnya menjadi acyclovir triphodphate yang bekerja menghambat DNA-polymerasa virus & memberikan efek ringan terhadap DNA-polymerase virus & memberikan efek ringan terhadap DNA-polymerase sel normal.


Zoter krim sebisa mungkin digunakan pada awal dari infeksi, dioleskan pada lesi/lesi yang baru muncul. Terutama pada episode infekai rekusen, pengobatan harus dilakukan sedini mungkin. Selain itu, pengobatan harus diteruskan selama 5 hari, bila penyembuhan belum tercapai pengobatan boleh dilanjutkan hingga 10 hari.

Indikasi.

Zoter digunakan untuk pengobatan infeksi virus herpes simplex pada kulit termasuk herpes g3nital & herpes labialis.

Kontra Indikasi.

Penderita yang hipersensitif terhadap acyclovir maupun propylene glycol.

Aturan Pakai.

Zoter digunakan untuk orang dewasa & anak digunakan lima kali sehari dengan selang sekitar 4 jam tanpa pembelian dosis malam hari.

Efek Samping.

  • Rasa panas.
  • Perih.
  • Eritema (mengeringnya/mengelupasnya kulit).
  • Kontak dermatitis.


Zoter diproduksi oleh PT. Interbat.
Harga obat ini berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Rp. 50.037,- (HET)

0 Response to "Zoter | Acyclovir"

Post a Comment