Tips Merencanakan Kehamilan

PERBIDKES.com - Disini Tim perbidkes akan berbagi ilmu tentang persiapan kehamilan agar kita lebih matang dan tidak merasa ragu- ragu saat menghadapi kehamilan. Dimulai dari gaya hidup, Gaya hidup sehat sangat penting dilakukan semua orang , apalagi pasangan suami istri yang sedang ingin merencanakan kehamilan. Kalau selama ini anda terbiasa mer0kok , mengkonsumsi minuman beralk0hol, jarang berolahraga dan kurang istirahat maka saran kami tinggalkanlah kebiasaan tersebut dan mulailah hidup sehat.

Tips merencanakan kehamilan
Ilustrasi periksa ke dokter spesialis kebidanan & kandungan (sp. OG).

Konsumsi makanan bergizi seimbang sebelum dan selama kehamilan agar kebutuhan gizi ibu dan janin terpenuhi. Selain gaya dan pola hidup sehat serta makan-makanan yang bergizi seimbang hal lain yang penting diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan sehat adalah menjaga kebersihan diri, terutama di daerah miss.V agar tidak terjadi keputihan dan infeksi lain. Selama ini keputihan sering kali diabaikan, padahal keputihan dapat berlanjut pada infeksi yang dapat menular pada janin dan saluran telur, yang dapat mengganggu proses pembuahan karena lingkungan miss.V yang tidak optimal akibat infeksi dapat juga mematikan sperma. Selain itu kita juga harus menghilangkan semua hal yang bisa menghambat kehamilan seperti peradangan- peradangan di leher, usus buntu, infeksi saluran kencing (ISK), serta kejang otot yang mungkin sering timbul. Pemeriksaan ke dokter penting dilakukan secara berkala dan jangan menunggu setelah kehamilan terjadi.

Bila anda menderita penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), asma, gangguan kelenjar getah bening atau penyakit gula (kencing manis/diabetes), sebaiknya lebih waspada dan konsultasikan ke dokter bahwa anda berencana untuk hamil. Dokter akan mengupayakan pengobatan untuk semua penyakit kronis yang mungkin anda derita untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya komplikasi yang membahayakan kehamilan. Pemeriksaan kesehatan gigi juga sangat penting dilakukan, meskipun tidak berbahaya bagi janin , namun keluhan sakit gigi juga dapat mengganggu kenyamanan ibu selama masa kehamilan.

Berbagai pemeriksaan kesehatan calon ibu hamil memang wajib dilakukan. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan adanya jamur, sariawan, atau keputihan yang disebabkan parasit semua dapat disembuhkan sebelum kehamilan terjadi. Imunisasi juga harus dilakukan untuk menghindari penyakit menular seperti eksim, rubella atau muntaber.

Jadi , persiapakanlah kehamilan sehat sejak merencanakan kehamilan.

beberapa tips yang dapat dijalankan oleh calon ayah dan bunda saat merencanakan kehamilan dan setelah anda dinyatakan hamil agar dapat menjalankan kehamilan dengan sehat dan nyaman :
Jalankan pola dan gaya hidup sehat , hindari kebiasaan tak sehat yaitu merokok, minum alk0hol, dan bergadang.

konsumsi makanan dengan gizi seimbang yaitu 4 sehat 5 sempurna.

untuk calon ibu , nutrisi dan istirahat yang cukup akan membuat tubuh sehat dan bugar. Penuhi kebutuhan nutrisi sebelum dan selama kehamilan dengan makanan bergizi seimbang. Perbanyak makan buah dan sayuran, bila perlu tambahkan multivitamin sesuai anjuran dokter. Istirahat cukup dan tak perlu melawan rasa lelah yang lebih cepat muncul.

konsumsi vitamin dan mineral yang cukup seperti asam folat yang wajib dikonsumsi sebelum dan selama hamil.

lakukan olahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran energi pada pada diri anda. Olah raga juga akan membuat wajah anda terlihat lebih segar dan bersinar sebagai dampak ketenangan pikiran anda.

Nikmati pijatan lembut pada tubuh dan wajah bermanfaat untuk membantu aliran darah di wajah. lakukan pemijatan wajah seriap pagi dan malam menjelang tidur dengan krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda. kulit yang bersih dari aneka kotoran yang menyumbat di pori-pori akan membuat anda tampil sehat dan nyaman. sebaiknya lakukan perawatan kulit dan body masage dengan kosmetika herbal.

Hirup aromaterapi atau wewangian tertentu yang akan membantu anda merasa nyaman. sebab, ketika anda hirup wewangian tersebut molekul- molekulnya akan merangsang ujung - ujung saraf olfaktori dan membuat kondisi emosi serta psikis anda tenang.

Manjakan diri dengan melakukan hobi atau hal positif lain yang menimbulkan kesenangan. Misal melukis , membuat kerajinan tangan , main piano , mendengarkan musik, nonton , berkebun , atau sekedar bertemu teman lama dan berbincang hangat.
Tertawalah karena tertawa mampu membuang berbagai fikiran buruk yang kerap memicu berbagai kecemasan dan ke khawatiran selama hamil.
Bukan hanya persipaan fisik saja yang kita siapkan, persiapan mental menghadapi kehamilan juga penting diperhatikan. Meskipun berita kehamilan selalu membahagiakan, namun banyak juga pasangan yang belum benar - benar siap memiliki anak.

Kehamilan adalah anugrah terbesar dari Tuhan maka dari itu bersikaplah positif menghadapinya meskipun anda merasa belum siap mental menjadi orang tua, belum siap secara financial, masih ingin berduaan atau sedang asik mengembangka karir. Penelitian Tiffany Field, Pd.D dari university of Miami scholl of medicine, AS. Menyatakan 10% calon ibu yang stress saat hamil , menularkan kesedihannya pada janin.Meningkatnya hormon stress juga mempengaruhi aktifitas otak janin , sehingga bayi dapat mengalami depresi begitu dilahirkan. Jadi nikmatilah kehamilan anda bersama dengan pasangan dan keluarga tercinta. Hati yang gembira akan membantu persepsi yang positif tentang kehamilan.

Jadilah Tim yang kompak bersama pasangan dalam menghadapi semua masalah, bangun komunikasi yang harmonis dengan keluarga besar yang bisa membatu menyelesaikan bila ada masalah besar yang anda berdua hadapi termasuk soal kehamilan. Tunda target-target dan ambisi mengejar karir , promosi atau keinginan bersekolah lagi mengingat kehamilan membuat anda harus lebih merem diri untuk semua ambisi tersebut. Anda bisa melakukannya setelah melahirkan kelak. Saatnya mengatur prioritas keuangan untuk menyambut buah hati.

Yang tak kalah penting dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kehamilan , persalinan , dan menjadi orang tua dari buku, majalah, internet , film , seminar , atau berbagai pengalaman dengan keluarga atau teman yang telah lebih dulu berpengalaman menjadi orang tua. Bila anda bekerja , ketahui juga hak-hak ibu hamil yang bekerja, bahwa ibu hamil yang bekerja dijamin oleh UU ketenagakerjaan No. 13/2003 pasal 82: ibu hamil berhak mendapatkan cuti hamil selama 3 bulan , Pasal 84: selama cuti anda berhak mendapatkan upah penuh. UU kesehatan No. 23 /1992 : kesehatan anda selama kehamilan sampai pasca persalinan dilindungi. Bahkan anda juga punya hak mendapat tempat duduk dan diprioritaskan dalam antrian ditempat umum.

jangan cemas menerima perubahan tubuh karena kehamilan. Anda tidak mengalaminya sendiri dan semuanya akan berakhir setelah persalinan kelak. Tetap berolahraga ringan agar tetap bugar saat hamil. Lakukan relaksasi bersama pasangan agar tubuh tetap nyaman.

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. (konsultan= dr. Arie Adrianus Polim, D. Mas, sp. OG) 30 perubahan tubuh selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan & komplikasi kehamilan. Jakarta: Penerbit pustaka kemang. 2016

0 Response to "Tips Merencanakan Kehamilan"

Post a Comment