Gejala Penyakit Hepatitis Akut

Perbidkes.com - Gambaran klinis hepatitis akut sangatlah bervariasi mulai dari infeksi asimtomatik tanpa kuning hingga sampai yang sangat berat yaitu hepatitis fulminan yang mampu membuat penderitanya meninggal dunia hanya dalam hitungan hari. Untuk itu kenali gejala2 penyakit hepatitis akut yang sudah terbagi menjadi 4 tahap seperti yang dijelaskan pada Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, 2006. 

Berikut gejala Hepatitis Akut  yang terbagi dalam empat tahap adalah:

1. Fase Inkubasi.
Fase ini merupakan waktu antara masuknya virus & munculnya gejala/ikterus. Ikterus adalah warna kekuningan pada kulit & terlihat jelas pada sklera mata. Dalam tahap fase ini berbeda-beda lamanya untuk tiap virus hepatitis.
Panjangnya fase ini juga tergantung pada dosis inokulum yang ditularkan & jalur penularan, makin besar dosis inokulum maka makin pendek pada fase inkubasi ini.

2. Fase Prodromal.
Fase prodromal disebut juga fase pra ikterik. Fase diantara munculnya keluhan2 pertama dengan munculnya gejala ikterus. Awalnya dapat singkat ditandai dengan malaise umum, mialgia (pegal-pegal), mudah lelah, atralgia, anoreksia, gejala pada saluran pernafasan atas. Anoreksia, mual, & muntah berhubungan dengan perubahan penghidu & rasa kecap. Diare / sulit buang air besar dapat terjadi.
Pada awal infeksi hepatitis B akut serum sickness dapat muncul. Sedangkan pada umumnya hepatitis A akut akan muncul demam derajat rendah.
Nyeri perut biasanya ringan & menetap di kuadran kanan atas/ episgastrium, kadang diperberat dengan aktifitas tetapi jarang menimbulkan Kolesistitis.

3. Fase Ikterus.
Ikterus akan muncul setelah 5 hingga 10 akan tetapi dapat juga muncul bersamaan dengan munculnya gejala. Kebanyakan pada fase ini tidak terdeteksi. Setelah ikterus muncul jarang terjadi perburukan gejala prodromal, tetapi justru akan terjadi perbaikan klinis yang nyata.

Berikut fase yang terakhir yaitu....

4. Fase Konvalesen.
Fase ini disebutkan fase penyembuhan yang diawali dengan hilangnya ikterus maupun keluhan lain, tetapi pembesaran hati & abnormalitas fungsi hati tetap ada. Sudah muncul perasaan sudah lebih sehat & nafsu makan kembali ada. Dalam keadaan akut biasanya akan membaik dalam waktu antara 2 hingga 3 minggu saja.
Pada hepatitis A perbaikan klinis & laboratorium lengkap terjadi dalam 9 minggu sedangkan untuk hepatitis B dalam waktu 16 minggu.

Pada 5 sampai 10% kasus perjalanan klinisnya mungkin lebih sulit untuk di tangani, hanya kurang dari 1% yang menjadi hepatitis fulminan.

Demikian tentang gejala penyakit hepatitis akut yang terbagi menjadi empat tahap.
Semoga menambah pengetahuan teman sejawat semua.
Terima kasih & sampai jumpa kembali. Salam, Tim Perbidkes.

0 Response to "Gejala Penyakit Hepatitis Akut"

Post a Comment