Masalah Kesehatan Pada Wanita Yang Sering Ditemukan

PERBIDKES.com : Dear Sejawat...Jumlah populasi di dunia  ini wanita lebih besar dibandingkan lelaki. Setelah wanita mengalami masa menopause (episode terakhir menstruasi) maka resiko terkena penyakit meningkat. Setelah menopause kadar estrogen mengalami penurunan secara mendadak.

masalah kesehatan pada wanita yang sering ditemukan

Berikut beberapa masalah kesehatan pada wanita :

 
Penyakit Jantung Koroner (PJK).
Pada umumnya PJK pada wanita timbul 10 sampai 15 tahun lebih tua dibandingkan pada lelaki, dan biasanya berhubungan dengan hipertensi, diabetes, dan gagal jantung kongestif. Wanita juga seringkali terabaikan karena dianggap adanya estrogen dapat melindungi dari penyakit jantung koroner.
 
 
Hipertensi.
Terutama setelah umur 60 tahun ke atas hipertensi pada wanita lebih sering ditemukan dibandingkan pada laki-laki.

Diabetes Melites (DM).
Pada saat pramenopausal wanita hamil sering ditemukan diabetes miletus dan seringkali pascamenopause wanita resiko timbulnya diabetes miletus tipe II.

Penyań∑it Alzheimer.
Semakin tua usia wanita semakin tinggi juga resiko terkena penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer dua kali lebih banyak diderita oleh wanita dibandingkan laki-laki.

Infeksi Menular S3ksu4l (IMS).
Wanita memiliki resiko dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan pria untuk terinfeksi HIV dan berbagai varians virus. Seperti infeksi klamedia, gonore, kanker serviks, dan kandidiasis.

Osteoporosis.
Wanita beresiko dua kali lebih tinggi dibandingkan laki-laki pada usia yang sama. Defisiensi   estrogen berkaitan dengan peningkatan aktivitas okteoklas dan penurunan jumlah unit pembentukkan tulang sehingga mampu menyebabkan terjadinya kehilangan tulang.

Gangguan Psikologis.
Depresi, anxietas, gangguan makan juga merupakan kelainan yang sering ditemukan pada wanita dibandingkan laki-laki.
Baca juga : Penyebab gastritis yang harus diwaspadai. 

Referensi: 
  1. Kesehatan Keluarga. Bambang Setiyohadi (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta, 2006. p110-23.  

Demikian tentang beberapa masalah kesehatan yang sering ditemukan pada wanita, semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca.
Terima kasih atas kunjungannya. Sampai jumpa kembali.Thank you.
Best regards, Tim iPendidikan.