Hepatitis Virus Akut Merupakan Penyakit Hati Urutan Pertama Di Seluruh Dunia

Perbidkes.com - Dear Sejawat....sebagai tenaga kesehatan pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyakit hati ini yaitu hepatitis. Jadi, kami hanya akan membahas sekilas tentang penyakit hati pada urutan pertama ini.

Kasus hepatitis virus akut hampir semua disebabkan oleh salah satu dari lima jenis virus, yaitu : virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, dan virus hepatitis E.
Ada jenis virus lain yang ditularkan setelah tranfusi darah seperti virus hepatitis G dan virus TT akan tetapi tidak dapat menyebabkan hepatitis.

Semua jenis virus yang menyerang manusia merupakan virus RNA, kecuali pada virus hepatitis B (HBV) merupakan virus DNA. Semua jenis virus-virus ini memperlihatkan kemiripan dalam perjalanan penyakitnya walaupun berbeda dalam sifat molekular dan antigennya.

Seorang ibu yang mengidap HBeAg (+) jika melahirkan bayi, hampir semua bayinya akan terkena infeksi antara bulan kedua sampai ketiga kehidupannya.
Akan tetapi jika seorang ibu mengandung HBsAG (+) tetapi HBeAG di dalam darah (-), maka daya tularnya menjadi rendah.

Hepatitis virus akut inilah yang menjadi nomer satu dari berbagai macam penyakit hati di seluruh dunia.

Hepatitis virus juga itu sangat bervariasi mulai dari infeksi asimtomatik tanpa kuning  hingga yang paling berat yaitu hepatitis fulminan yang mampu menyebabkan kematian hanya dalam beberapa hari saja.


Artikel Rekomendasi:


REF: 
1. Hepatitis virus akut. Andri sanityoso (editor). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta, 2006. p 427 - 98. 


Cukup sekian coret coretan tentang hepatitis virus akut, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman semua terutama dalam bidang kesehatan.
Terima kasih atas kunjungannya.


Best regards,
Tim Perbidkes.

0 Response to "Hepatitis Virus Akut Merupakan Penyakit Hati Urutan Pertama Di Seluruh Dunia"

Post a Comment