Penting !! Seorang Wanita Harus Mengerti Apa Itu PAP Smear & Apa Kegunaannya

Perbidkes.com - Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, 2006 menjelaskan bahwa papanicolaou (PAP) Smear adalah suatu pemeriksaan untuk mendektisi adanya kanker s*rviks pada wanita.

Pemeriksaan PAP Smear bagi Wanita.

Bagi seorang wanita yang aktif berhubungan ++ selama satu tahun (12 bulan) tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan PAP Smear. Seperti yang telah di rekomendasikan oleh The American Cancer Society untuk waktif yang aktif berhubungan ++ untuk melakukan pemeriksaan PAP Smear setiap tahun selama dua kali berturut-turut.

Selsin itu, American Collage of Obsttetrics & Gynecology juga merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan PAP Smear tetapi disertai pemeriksaan panggul & ne2n setiap tahun secara rutin. 

Pemeriksaan PAP Smear juga memiliki akurasi yang sangat tinggi yaitu sebesar 90 - 95 % dalam mendeteksi lesi dini seperti CIN (cervical intraephilhelial neoplasia), tetapi tidak begitu sensitif untuk mendeteksi kanker yang sudah invasif ataupun terdapat massa jamur.

Hasil PAP Smear palsu juga bisa disebabkan karena adanya perdarahan, inflamasi & nekrosis.

Seorang perempuan yang hasil PAP Smear menunjukkan ASCUS (Atypical squamous cells of undertermined significance), ASC-H / SIL (high-grade squamous intraepithelial lesien), ataupun low-grade CIN harus melakukan pemeriksaan PAP Smear ulang pada 4 sampai 6 bulan kemudian sampai hasilnya 3 kali negatif selama 2 tahun berturut-turut serta melakukan pemeriksaan infeksi HPV (human papilloma virus).

Sedangkan jika hasil PAP Smear menunjukkan keganasan yang sangat jelas ataupun high-grade CIN (cervical intraephihelial neoplasia) maka harus di lakukan pemeriksaan biopsi dengan panduan kolposkopik.

Kolposkopik ialah teknik pemeriksaan yang di aplikasikan pada s*rviks dengan menggunakan asam asetat 3 % & mikroskop binokular.

Artikel Rekomendasi:



Kesimpulannya pemeriksaan PAP Smear sangat di anjurkan untuk para wanita yang sudah pernah melakukan hubungan ++ minimal sekali dalam setahun.


Demikian yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat bagi semua wanita si dunia.
Jangan lupa bagikan kepada keluarga yang anda cintai.
Terima kasih.
Salam, Tim Perbidkes.

0 Response to "Penting !! Seorang Wanita Harus Mengerti Apa Itu PAP Smear & Apa Kegunaannya"

Post a Comment